Besok, Usul Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI Diabahas di Kopdarnas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 24 September 2023 | 23:03 WIB
Kaesang Pangarep menerima KTA PSI berukuran jumbo. (SinPo.id/Antara)
Kaesang Pangarep menerima KTA PSI berukuran jumbo. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyampqikqn bahwa usul agar Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI akan dibahas di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang bakal digelar di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Senin 25 September 2023 pukul 18.30 WIB besok. 

Usul agar Kaesang menjadi Ketua Umum PSI muncul setelah Kaesang memutuskan untuk bergabung menjadi kader PSI pada Sabtu 23 September 2023. 

"Setelah Mas Kaesang kemarin jadi anggota PSI, banyak aspirasi dari DPW dan DPD PSI agar Mas Kaesang jadi Ketua Umum," kata Grace, melalui keterangan persnya pada Minggu 24 September 2023.  

Grace menjelaskan bahwa usulan tersebut akan dibahas oleh seluruh pengurus PSI.

Sebelumnya, Kaesang  erespons isu dirinya bakal menjadi Ketua Umum PSI dentan mengatakan bahwa dirinya masih berstatus sebagai anggota di PSI saat ini. 

"Saya masih anggota. (Rencana jadi ketum?) Ya nanti doain saja," kata Kaesang kepada awak media pada Sabtu, 23 September 2023.

Kaesang mengatakan, langkah dirinya bergabung ke PSI membawa harapan agar partai anak muda bisa berbicara lebih bangak di kancah perpolitikan Indonesia. 

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mencontohkan prestasi Partai Move Forward (MFP) yang berhasil memenangkan suara terbanyak dalam pemilu Thailand.

MFP yang diisi oleh anak muda, dan dipimpin oleh Pita Limjaroenrat berhasil memenangi Pemilu pertamanya tahun ini. Mereka mengumpulkan 152 kursi di Parlemen.

"Kita lihat di Thailand, yang menangkan MFP. Kok mereka bisa, di Indonesia tidak bisa. Setelah itu saya mikir, berkomitmen, dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Giring Ganesha menyatakan belum ingin membahas terkait isu pergantian Ketua Umum PSI.

"Nanti itu. Baru happy kita, ngasih itu dulu," ujarnya.sinpo

Komentar: