Bambang Pacul: Anggota Keluarga Kader PDIP Tak Diwajibkan Masuk Satu Parpol

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 25 September 2023 | 16:52 WIB
Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyatakan, setiap anggota keluarga dari kader PDIP tidak diwajibkan untuk masuk dalam satu partai politik (Parpol).

Hal tersebut ia sampaikan untuk menanggapi bergabungnya putra bungsu Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep, ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Siapa yang mewajibkan? kau baca AD/ART-nya gue liat, mana gue bacanya. AD/ART persoalan internal kita kan, internal partai masing-masing toh. Nah itu ada apa enggak? Jangan asumsi kira-kira," kata Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Senin 25 September 2023.

Menurutnya, aturan keluarga yang diharuskan masuk satu partai adalah keluarga inti yang masih dalam satu Kartu Keluarga (KK). Sementara bagi anggota keluarga yang sudah dewasa tidak ada lagi kewajiban untuk masuk dalam partai yang sama.

"Yang namanya keluarga inti kalau kamu sudah tua itu bukan keluarga inti, keluarga inti itu suami istri dan anak, kan gitu. Tapi kan kalau sudah gede anaknya bikin kartu keluarga sendiri," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Pacul, setiap anggota keluarga kader PDIP yang sudah dewasa berhak menentukan pilihannya masing-masing dan tak berkewajiban memilih partai yang sama.sinpo

Komentar: