KAI Resmi Luncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 28 September 2023 | 12:53 WIB
Kereta Api New Generation (Sinpo.id/KAI)
Kereta Api New Generation (Sinpo.id/KAI)

SinPo.id -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, telah resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen. Dalam tahap awal kereta ekonomi baru ini dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang.

Sebelumnya, KA ekonimi memiliki kapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus dan saling berhadapan. Tetapi kini, jumlah tempat duduk dalam Kereta Ekonomi New Generation hanya 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas.

Selain itu, KAI juga mengganti jenis kursi kereta ekonomi menggunakan tipe captain seat. Sehingga para penumpang akan merasa semakin nyaman saat bersandar, karena  kemiringan kursi (reclining) dapat diatur, serta dapat disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Menurut Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, perubahan pada kereta ekonomi tersebut dilakukan berdasarkan kritik dan masukan positif dari para penumpang. Oleh karena itu, ia memberi apresiasi untuk para penumpang atas semua masukannya.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia yang telah banyak memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam layanan di segala lini," kata Hadis, dikutip Kamis 28 September 2023.

Ia mengatakan, peluncuran Kereta Ekonomi New Generation tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-78 KAI yang jatuh pada 28 September dengan tema “Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, untuk Indonesia Maju”.

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," ungkapnya.
sinpo

Komentar: