Pergantian Rumput JIS Untuk Venue Piala Dunia U-17 Rampung, Sekda DKI: Tinggal Peresmian

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 28 September 2023 | 15:23 WIB
JIS (SinPo.id/ Dok. Jakpro)
JIS (SinPo.id/ Dok. Jakpro)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merampungkan proses perbaikan rumput Jakarta Internasional Stadion (JIS) Jakarta Utara sesuai dengan standar FIFA. Rencananya, JIS akan digunakan sebagai salah satu tempat penyelenggaraan event FIFA World Cup atau Piala Dunia U17 pada November-Desember 2023 mendatang.

"JIS, rumputnya sudah oke sih. Rumputnya sudah beres," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Joko Agus Setyono dalam kererangannya yang diterima, Kamis, 28 September 2023.

Joko mengungkapkan, setelah selesai perbaikan rumput oleh PT Jakarta Properti (JakPro), saat ini JIS hanya tinggal menunggu persemian untuk digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17.

Akan tetapi, mantan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Bali itu tidak mengatakan tanggal pasti kapan peresmian JIS dilakukan.

"Tinggal peresmian saja. Ya kita tunggu lah kan, sebentar lagi mungkin. Belum direncanakan. Tapi masalah pergantian rumput semua sudah," paparnya.

Lebih lanjut, Joko juga tidak mengetahui kepastian JIS bakal menjadi venue opening Piala Dunia U-17 atau tidak seperti usulan awal. Ia menyerahkan sepenunhnya keputusan itu kepada Pemerintah Pusat.

"Kan nanti ada tim yang menilai sendiri ya. Yang menilai, kalau saya kan bukan kapasitas untuk memberikan penilaian layak atau tidak (JIS dipakai piala dunia)," tandasnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-17 akan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Ada empat stadion yang akan digunakan dalam pergelaran ini, yakni JIS di Jakarta, Si Jalak Harupat di Kota Bandung, Stadion Manahan di Kota Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya.

JIS di Jakarta Utara kemudian diusulkan menjadi venue pembukaan perhelatan Piala Dunia U-17 2023. Namun, rencana itu dibatlkan karena JIS masih direnovasi.sinpo

Komentar: