Jerman Sambut Baik Dukungan Tiongkok Terhadap Kerangka Restrukturisasi Utang G20

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 02 Oktober 2023 | 12:18 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/AFP)
Ilustrasi (Sinpo.id/AFP)

SinPo.id -  Jerman menyambut baik dukungan Tiongkok terhadap kerangka restrukturisasi utang G20 bagi negara-negara miskin. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner dalam dialog keuangan di Frankfurt.

“Kami menyambut baik kenyataan bahwa pihak Tiongkok juga berkomitmen terhadap hal ini dalam pernyataan bersama kami, karena solusi tidak dapat dibayangkan tanpa Tiongkok sebagai pemain penting dalam politik dunia,” kata Lindner usai bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Dia Lifeng, dilansir dari VoA, Senin 2 Oktober 2023.

Terlebih, beberapa negara seperti Jerman berargumentasi bahwa Tiongkok merupakan kreditor terbesar bagi negara-negara yang memiliki utang besar di Afrika dan Asia. Sehingga Tiongkok harus memberikan kelonggaran untuk mempercepat restrukturisasi utang.

Selain membicarakan soal kerangka restrukturisasi utang, Jerman dan Tiongkok juga menunjukkan tekad mereka untuk memperluas peluang akses pasar antara kedua negara. Karena Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Jerman untuk memajukan kerja sama yang saling menguntungkan.

Bahkan Lindner juga mengusulkan untuk meningkatkan frekuensi dialog keuangan antara Tiongkok dan Jerman, dengan mengadakan pertemuan setiap tahun dibandingkan dua tahun sekali, karena kedua negara menginginkan kemajuan yang lebih cepat. sinpo

Komentar: