Ratusan Orang Tewas dalam Amukan Pejuang Hamas di Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 09 Oktober 2023 | 09:52 WIB
Penampakan imbas serangan roket Hamas ke Israel (Sinpo.id/Reuters)
Penampakan imbas serangan roket Hamas ke Israel (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Amukan pejuang kelompok Islam Hamas Palestina di sejumlah kota di Israel telah menewaskan sedikitnya 700 orang. Serangan tersebut merupakan yang paling mematikan dalam sejarah.

Menanggapi serangan itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, langsung mengirimkan serangan udara balasan yang menghantam blok perumahan, terowongan, masjid dan rumah pejabat Hamas di Gaza. Serangan balasan itu menewaskan lebih dari 400 orang, termasuk di antaranya 20 anak-anak.

Kemudian di luar Gaza yang diblokade, pasukan Israel dan milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran juga saling baku tembak artileri dan roket. Sementara di Mesir, dua turis Israel ditembak mati bersama seorang pemandu.

Dilansir dari Reuters, seruan untuk menghentikan pertempuran datang dari seluruh dunia, meskipun negara-negara Barat sebagian besar mendukung Israel. Sedangkan Iran, Hizbullah, dan pengunjuk rasa di berbagai negara Timur Tengah memuji Hamas.

Bahkan di Israel selatan, orang-orang bersenjata Hamas masih melawan pasukan keamanan Israel lebih dari 24 jam hingga hari Minggu.

Mereka memberikan kejutan berupa serangan roket, dan sekelompok pria bersenjata lainnya menyerbu pangkalan militer, serta kota-kota di perbatasan.sinpo

Komentar: