PKB Desak Hamas Segera Bebaskan Sandera Warga Sipil

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 15 Oktober 2023 | 18:34 WIB
Ketua DPP PKB, Faisol Riza (SinPo.id/ Parlementaria)
Ketua DPP PKB, Faisol Riza (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta kelompok Islam Hamas seluruh sandera warga sipil dan mendesak Israel untuk membuka akses bantuan yang dikirimkan untuk Gaza dari seluruh penjuru dunia.

"Atas nama kemanusiaan, kami meminta Hamas untuk membebaskan seluruh sandera warga sipil terutama para perempuan, anak-anak dan para orang tua serta pada saat yang sama kami meminta Israel untuk membuka akses bantuan kemanusiaan yang datang," kata Ketua DPP PKB, Faisol Riza, Minggu 15 Oktober 2023.

Pihaknya juga menegaskan, akan selalu bersedia untuk menjadi bagian dari proses damai antara Israel-Palestina dan akan mengajak semua bangsa untuk berperan aktif membantu proses perdamaian, dan mendukung rakyat Palestina.

"Kami akan terus meminta Pemerintah Indonesia untuk berperan lebih aktif dalam mendorong perdamaian di kawasan tersebut dan kemerdekaan Palestina. PKB selalu berdiri di depan untuk mengusahakan perdamaian abadi dan menghentikan seluruh bentuk kekerasan antar sesama," ungkapnya.

Sebelumnya, Hamas melakukan serangan secara mendadak ke wilayah Israel, dan menculik sejumlah warga sipil, khususnya peremuan, anak-anak, serta orangtua. Menanggapi serangan tersebut, Israel langsung mengumumkan perang dan mengepung seluruh wilayah Gaza.

Israel bahkan memutus akses bantuan, pasokan air bersih, aliran listrik, dan jaringan internet ke Gaza. Kemudian melakukan serangan besar-besaran hingga memakan ribuan korban jiwa. Bahkan Israel juga menjebak ribuan penduduk Gaza yang mengungsi dengan membunuh puluhan orang di jalur evakuasi.sinpo

Komentar: