Iran Beri Peringatan Akan Bertindak Jika Israel Tak Hentikan Perang di Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 16 Oktober 2023 | 08:49 WIB
Husein Amirabdolahian (Sinpo.id/Reuters)
Husein Amirabdolahian (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, memperingatkan akan bertindak dan melakukan eskalasi jika Israel tidak segera mengakhiri perang di Palestina. Ia menegaskan, negara-negara lain di kawasan tersebut juga akan bertindak.

Amiabdollahian, yang pekan lalu menuduh Israel melakukan genosida dengan melakukan pengepungan terhadap Jalur Gaza, mengatakan serangan terhadap Gaza akan membuka front perlawanan baru di Timur Tengah.

“Tanggung jawab atas kemungkinan terbukanya front perlawanan baru di kawasan dan eskalasi perang saat ini secara langsung berada di tangan Amerika Serikat dan rezim Zionis (Israel),” kata Amirabdollahian memperingatkan, dilansir dari Reuters, Senin 16 Oktober 2023.

Sebelumnya, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Teheran tidak terlibat dalam serangan kelompok militan Hamas terhadap Israel. Namun ia memuji tindakan Hamas dan menyebutnya sebagai kekalahan militer dan intelijen Israel yang tidak dapat diperbaiki.

Terlebih, Teheran mengatakan pihaknya memberikan dukungan moral dan finansial kepada kelompok yang menguasai Jalur Gaza. Karena mendukung perjuangan Palestina telah menjadi pilar Republik Islam sejak revolusi tahun 1979.sinpo

Komentar: