Militer Rusia Lakukan Simulasi Serangan Nuklir dalam Latihan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 26 Oktober 2023 | 08:16 WIB
Foto: Reuters
Foto: Reuters

SinPo.id -  Militer Rusia telah melakukan simulasi serangan nuklir dalam latihan yang diawasi langsung oleh Presiden Vladimir Putin. Simulasi tersebut dilakukan setelah majelis tinggi parlemen Rusia memutuskan untuk membatalkan ratifikasi larangan uji coba nuklir global.

"Tujuan latihan ini adalah untuk melatih menangani serangan nuklir besar-besaran dengan kekuatan ofensif strategis sebagai respons terhadap serangan nuklir musuh," kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dilansir dari The Guardian, Kamis 26 Oktober 2023.

Meskipun latihan serupa diadakan setiap musim gugur, namun kali ini ada kekhawatiran yang meluas bahwa Rusia akan melanjutkan uji coba nuklirnya untuk mencoba mencegah negara-negara Barat terus memberikan dukungan militer kepada Ukraina.

Pasalnya, perjanjian larangan uji coba nuklir yang diadopsi pada tahun 1996, untuk melarang semua ledakan nuklir di dunia, tidak pernah dilaksanakan sepenuhnya, dan belum diratifikasi oleh Tiongkok, India, Pakistan, Korea Utara, Israel, Iran dan Mesir.

Meski demikian, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, mengatakan awal bulan ini bahwa Moskow akan terus menghormati larangan tersebut dan hanya akan melanjutkan uji coba nuklir jika Washington melakukannya terlebih dahulu.sinpo

Komentar: