Disbud DKI Gelar Roadshow 100 Tahun Sandiwara Sunda Miss Tjitjih

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 | 04:31 WIB
Ilustrasi panggung teater
Ilustrasi panggung teater

SinPo.id -  Komunitas seni teater Sunda yang ternama, Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih, akan mengabadikan momen luar biasa dalam sejarah seni pertunjukan Indonesia: Perayaan Menuju 100 Tahun Sandiwara Sunda Miss Tjitjih.

Dalam rangka menuju pencapaian gemilang ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Kebudayaan, mengadakan Roadshow Sandiwara Sunda Miss Tjitjih yang berlangsung di Hotel Asri, Sumedang, Jawa Barat pada tanggal 28 Oktober 2023.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Kabupaten Sumedang, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Kadisparbudpora Kabupaten Sumedang, serta sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kabupaten Sumedang. Selain itu, para tokoh seni budaya dan masyarakat adat juga turut memeriahkan momen penting ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, roadshow ini menjadi kesempatan untuk membangun jaringan serta pertukaran pengalaman dan ide dengan kelompok seni budaya lainnya baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Iwan berharap, Roadshow Miss Tjitjih akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk meneruskan tradisi seni dan budaya Sunda yang kaya.

“Kami dari Pemprov DKI Jakarta khususnya Dinas Kebudayaan sangat terbuka untuk kolaborasi dalam bidang seni dan kebudayaan. Semoga dengan adanya Roadshow Miss Tjitjih ini dapat menjadi pemantik untuk kegiatan seni budaya lainnya, khususnya di Kabupaten Sumedang,” ujar Iwan, dalam keterangan tertulis yang diterima beritajakarta.id, Minggu (29/10).

Iwan menambahkan, ini adalah momen bersejarah bagi seni budaya Sunda dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan bangga mempersembahkan Roadshow Miss Tjitjih sebagai bentuk apresiasi yang mendalam terhadap warisan seni dan budaya yang tak ternilai harganya.

“Kami mengundang semua pihak untuk bergabung dalam momen ini dan bersama-sama kita menyambut 100 tahun kesuksesan Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih dalam menjaga dan memelihara kekayaan budaya Sunda,” kata Iwan.

Untuk diketahui, Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih adalah kelompok binaan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang telah dengan tekun memelihara dan mengembangkan seni budaya tradisional khususnya seni teater Sunda di Provinsi DKI Jakarta.

Pencapaian mereka dalam mempertahankan seni tradisi ini selama satu abad adalah prestasi yang luar biasa dalam dunia seni pertunjukan dan budaya.

Sumedang dipilih sebagai tempat pelaksanaan Roadshow Miss Tjitjih karena memiliki sejarah panjang dalam seni pertunjukan Sunda, dan kelompok Miss Tjitjih memiliki akar sejarah yang kuat di kota ini.

Kabupaten Sumedang juga dikenal sebagai tempat yang masih sangat memelihara budaya Sunda dan mendukung seni pertunjukan tradisional. Pemilihan Sumedang sangat tepat untuk mengabadikan perjalanan panjang kelompok ini.

“Kegiatan ini diharapkan memberikan hiburan dan edukasi kepada masyarakat Sumedang mengenai Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih. Para seniman Miss Tjitjih juga akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan kualitas seni mereka dan memelihara seni teater Sunda di daerah asal mereka,” tandas Iwan.sinpo

Komentar: