Pasukan Israel Masuk ke Gaza Utara dengan Sejumlah Tank

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 31 Oktober 2023 | 07:55 WIB
Foto: IDF
Foto: IDF

SinPo.id -  Pasukan Israel telah masuk lebih jauh ke Jalur Gaza utara, dengan tank-tank yang memotong jalur evakuasi ke Gaza selatan. Menurut saksi mata, satu tank terlihat berada di jalan Salah al-Din, dan menembak satu mobil yang sedang berjalan di dekatnya.

Selama akhir pekan, Israel memulai apa yang mereka sebut sebagai tahap kedua perang, yang bertujuan untuk menghancurkan Hamas, dengan pasukan darat. Pasukan Israel juga memperluas operasi mereka di Gaza setelah tiga minggu pemboman intensif.

Sementara menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas, korban tewas di Gaza Utara bertambah menjadi lebih dari 8.300 sejak tahap kedua perang dimulai. Namun pasokan makanan, air, bahan bakar dan obat-obatan untuk 2,2 juta penduduk Gaza sangat rendah.

Terlebih Perdana Menteri, Benjamin Netanyahu, juga menolak seruan gencatan senjata di Gaza, dan terus meminta dukungan dari negara-negara lain dengan harapan Israel akan menang melawan Hamas.

“Hari ini kita menarik garis antara kekuatan peradaban dan kekuatan barbarisme. Israel akan melawan kekuatan barbarisme sampai meraih kemenangan. Saya berharap dan berdoa agar negara-negara beradab di mana pun akan mendukung perjuangan ini," kata Netanyahu, dilansir dari BBC, Selasa 31 Oktober 2023.

Meski demikian, badan-badan bantuan dan sejumlah negara lainnya terus menyerukan agar pertempuran dihentikan agar bantuan kemanusiaan yang disalurkan ke Gaza tidak lagi terhadang. Terlebih Israel juga dinilai telah melakukan kejahatan perang, karena banyaknya warga sipil yang tewas, termasuk sebagian besar anak-anak dan perempuan.sinpo

Komentar: