Dewas KPK Klarifikasi Empat Pegawai Kementan di Kasus Etik Firli Bahuri

Laporan: david
Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:47 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (SinPo.id/Antara)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengklarifikasi empat orang pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) RI pada hari ini, 31 Oktober 2023.

Mereka bakal dimintai keterangan dalam rangka mengusut dugaan pelanggaran etik pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Dijadwalkan pihak dari Kementan empat orang," ujar Anggota Dewas KPK Albertina Ho saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Selasa (31/10).

Albertina enggan mejelaskan terkait identitas empat orang pegawai Kementan RI dimaksud.

Sebelumnya, Dewas KPK telah mengklarifikasi pimpinan KPK yaitu Nurul Ghufron, Johanis Tanak dan Alexander Marwata.

Materi yang didalami Dewas KPK adalah pertemuan Firli dengan pihak berperkara dalam hal ini mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dewas KPK juga menanyakan perihal dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementan RI.

Sementara itu, Dewas KPK belum bisa memintai keterangan Firli karena yang bersangkutan memohon penundaan jadwal setelah tanggal 8 November 2023.

Menurut Dewas KPK, waktu tersebut terlalu lama. Meskipun begitu, belum ada keputusan lebih lanjut terkait agenda klarifikasi terhadap Firli. Sedangkan untuk Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango belum bisa memberikan keterangan karena sedang sakit.sinpo

Komentar: