Jelang Pemilu, Wapres: ASN dan Petugas Keamanan Harus Netral

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 31 Oktober 2023 | 23:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)

SinPo.id - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), isu netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sering menjadi sorotan publik. Tidak terkecuali bagi para Penjabat (Pj) Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin kembali menegaskan, netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu tidak bisa ditawar dan harus dijalankan.

“ASN harus netral, petugas keamanan juga harus netral,” kata Ma'ruf dikutip dari laman setwapresri, Selasa, 31 Oktober 2023.

Ma'ruf menyampaikan, selain netralitas dari para ASN, penyelenggaraan Pemilu juga harus dilakukan secara jujur dan adil, agar tidak terjadi kecurangan dalam prosesnya yang dapat berdampak pada potensi konflik di masyarakat.

“Tentu, saya sebagai Wakil Presiden menyuarakan berkali-kali supaya Pemilu diselenggarakan dengan cara yang jujur,” kata dia.

Ma'ruf juga mengimbau kepada seluruh pihak terkait dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung jalannya Pemilu yang damai, jujur, dan adil. Sehingga hasil yang diperoleh nantinya akan membawa kemaslahatan bagi Indonesia.

“Nah, kita dorong terus ya,” ucapnya.

Menutup keterangan persnya, kembali Ma'ruf mengingatkan pentingnya netralitas ASN di dalam penyelenggaraan Pemilu. Sebab, sebagai individu yang bertugas di sektor- sektor strategis pemerintahan, netralitas menjadi modal utama dalam berjalannya pemerintahan yang baik dan tidak memihak.

“Dan kemarin presiden juga sudah bicara di depan Pj.-Pj. (Penjabat Kepala Daerah) itu dan mengatakan bahwa harus netral dan yang tidak netral akan dicopot ya,” pungkasnya.sinpo

Komentar: