Dua Perwakilan PSSI Jadi Bagian dari FIFA Guardians

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 02 November 2023 | 02:09 WIB
FIFA Safeguarding Summit
FIFA Safeguarding Summit

SinPo.id -  FIFA Safeguarding Summit yang pertama diadakan di Markas FIFA pada tanggal 25-26 Oktober 2023. Lebih dari 100 FIFA Learner dari 70 Asosiasi Anggota lulus dari  FIFA Safeguarding in Sport Diploma, termasuk Anggota Dewan FIFA Johanna Wood. Summit mempertemukan sekelompok besar pemangku kepentingan sepak bola di dunia olahraga yang aman.

Sebagai bagian dari komitmen FIFA untuk meningkatkan standar safeguarding dalam sepak bola melalui program FIFA Guardians, Safeguarding Summit yang diadakan di Markas FIFA pada tanggal 25 dan 26 Oktober memiliki dua tujuan utama.

Yang pertama adalah upacara wisuda bagi lebih dari seratus FIFA Learner dari 70 Asosiasi Anggota, enam asosiasi regional dan dua konfederasi yang telah berhasil menyelesaikan FIFA Guardians Safeguarding in Sport Diploma.

Lulusan termasuk Anggota Dewan FIFA dan Presiden Sepak Bola Selandia Baru, Johanna Wood yang dalam pidato singkatnya menekankan bagaimana kelompok ini harus terus memberikan dukungan yang sangat berharga satu sama lain ke depan, serta mendukung anggota komunitas sepak bola masing-masing. Dari PSSI terdapat dua wakil yang berhasil lulus sebagai FIFA Guardians, yaitu Aldi Iqbal Tawakal dan Muhammad Rahmawan.

Tujuan kedua dari Safeguarding Summit ini adalah untuk berbagi praktik-praktik terbaik dan pembelajaran yang diperoleh dari Safeguardians. Petugas Safeguarding dari berbagai asosiasi anggota FIFA (Member Associations - MA), konfederasi, pakar global, dan perwakilan berbagai pemangku kepentingan di dunia olahraga yang aman - termasuk Komite Olimpiade Internasional (IOC), Dewan Eropa, dan Pusat Olahraga dan Hak Asasi Manusia (CSHR), FIFPRO dan Army of Survivors - duduk bersama mantan pesepakbola internasional dan Kepala Wasit (Wanita) FIFA, Kari Seitz dalam berbagai diskusi panel dan presentasi.

Bagi PSSI, acara ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam rangka mendukung penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup di Indonesia, karena semua pemain masih dalam kategori anak-anak, sangat penting mengaplikasikan program FIFA Safeguarding untuk menjamin keamanan para peserta dan semua pihak yang terlibat dalam turnamen.

Marie-Laure Lemineur, FIFA Head of Safeguarding & Child Protection, mengakhiri dua hari tersebut, mengingatkan para peserta bahwa perubahan sistemik tidak akan terjadi dalam semalam.

“Safeguarding itu maraton, bukan lari cepat,” katanya singkat. “Saya yakin FIFA telah memicu kesadaran bahwa pengembangan sepak bola tidak hanya tentang keterampilan sepak bola, tetapi juga mencakup kewajiban untuk melindungi mereka yang rentan akibat aktivitas sepak bola mereka.”

Dengan lebih dari 7.000 orang telah mendaftar pada kursus FIFA Guardians Essentials Level 1, dan rencana masa depan untuk memperluas ketersediaan Diploma ke dalam bahasa Arab, serta Inggris, Perancis dan Spanyol, Lemineur telah mengamati minat dan permintaan yang terus meningkat untuk menerapkan prinsip-prinsip inti dari Pengamanan.sinpo

Komentar: