Sejumlah Tokoh Nasional Hadiri Aksi Bela Palestina

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 05 November 2023 | 10:03 WIB
Suasana Aksi Bela Palestina (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Suasana Aksi Bela Palestina (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama ormas keagamaan yang tergabung dalam 'Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina' menggelar aksi damai solidaritas di Monas Jakarta, pada Minggu, 5 November 2023.

Sebagian besar massa yang datang mengenakan pakaian putih dengan balutan aksesoris bernuansa bendera Palestina, mulai dari ikat kepala, syal hingga bendera.

Aksi bela Palestina ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Kemudian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Presiden ke-10 dan 11 RI Jusuf Kalla, hingga Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina Din Syamsudin.

Sejumlah pejabat yang hadir secara bergantian menyampaikan pernyataan dukungan untuk Palestina. Mereka mendoakan Palestina segera merdeka.

Dalam orasinya, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan menegaskan konflik yang terjadi di Gaza, Palestina, merupakan masalah kemanusiaan. Menurutnya setiap masyarakat di dunia memiliki hak untuk berdaulat dan merdeka. 

"Kita hadir di sini untuk membela hak asasi manusia untuk merdeka dan berdaulat. Pertemuan di Monas adalah kepedulian kemanusiaan untuk merdeka dan berdaulat bagi warga Palestina," kata Amirsyah saat berorasi.

Massa aksi bela Palestina berdatangan dari berbagai penjuru daerah. Selain di Monas, massa juga tampak berkerumun di Patung Kuda dan beberapa titik tempat lainnya di Jakarta Pusat. 

Untuk diketahui, aksi damai ini diikuti lebih dari satu juta orang. Aksi ini merupakan bentuk kecaman masyarakat Indonesia atas serangan membabi buta Israel ke Palestina.

sinpo

Komentar: