Kasus Cacar Monyet Terus Meningkat, DPR Minta Vaksinasi dan Tracing Diperluas

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 November 2023 | 14:50 WIB
Ilustrasi monkeypox. (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi monkeypox. (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto, mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas vaksinasi hingga tracing kepada kelompok berisiko untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet atau monkeypox (Mpox). Hal itu dilakukan Edy merespons kasus cacar monyet di Indonesia yang terus mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir. Tercatat saat ini, jumlah kasus cacar monyet sudah mencapai 35 kasus.

“Lakukan active case finding. Jadi tidak menunggu pasien datang tapi datangi kelompok berisiko dan lakukan deteksi,” kata Edy, dikutip Rabu 8 November 2023.

Menurutnya, Kemenkes memiliki kewenangan untuk melakukan intervensi untuk melakukan active case finding. Mereka bisa mendatangi kelompok berisiko dan orang di sekitar pasien monkeypox yang berpotensi tertular.

Sehingga dengan kewenangan tersebut, seharusnya tidak ada penolakan untuk melakukan active case finding. Kemudian inisiatif untuk menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) juga merupakan hal yang sudah tepat.

Di samping itu, Edy juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak dikenal untuk menghindari penularan. Pasalnya, penularan cacar monyet juga bisa terjadi melalui aktivitas seksual.sinpo

Komentar: