Masuk Musim Hujan, DPR Minta Pemerintah Waspadai DBD

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 09 November 2023 | 06:16 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar mewaspadai meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) seiring memasuki musim penghujan di Indonesia. Dia meminta pemerintah agar memfokuskan pada upaya pemberantasan sarang nyamuk dan edukasi pada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Pemerintah harus menguatkan upaya pencegahan muncul dan menyebarnya kasus DBD di Indonesia seiring tibanya musim hujan. Kita harus bersiap melakukan upaya pencegahan sebelum terjadinya peningkatan kasus," kata Netty dikutip dari laman Parlementaria, Rabu, 8 November 2023.

Nyamuk jenis ini berkembangbiak di genangan air bersih seperti bak mandi, penampungan air hujan atau tempat air minum. Oleh karena itu, Netty meminta pemerintah agar melibatkan masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk.

"Libatkan masyarakat dan kuatkan peranan dari juru pemantau jentik (Jemantik) untuk memberantas sarang nyamuk di lingkungan tempat tinggal masyarakat. Penggunaan fogging sebagai upaya pencegahan harus dievaluasi. Apakah cara ini efektif atau justru memunculkan masalah kesehatan baru lainnya?" katanya.

Netty ini juga meminta kesiapan pemerintah dalam pemberian vaksin dengue untuk masyarakat. Dia berharap vaksin dengue untuk masyarakat tercukupi ketersediaannya.

"Fokus pada mereka yang berpotensi tinggi terkena penyakit DBD, terutama mereka yang tinggal di daerah-daerah yang disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak," pungkasnya.sinpo

Komentar: