Korsel Sebut Rusia Telah Bantu Peluncuran Satelit Mata-mata Milik Korut

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 09 November 2023 | 10:54 WIB
Satelit mata-mata (Sinpo.id/AP)
Satelit mata-mata (Sinpo.id/AP)

SinPo.id -  Intelijen Korea Selatan mengindikasi adanya bantuan dari Rusia terhadap pembangunan dan peluncuran satelit mata-mata milik Korea Utara. Menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Korea Utara kemungkinan akan melanjutkan peluncuran tersebut dalam beberapa bulan mendatang.

“Sulit untuk memprediksi kapan Korea Utara akan melakukan upaya ketiga untuk melakukan peluncuran tersebut. Namun tampaknya ada tanda-tanda bahwa Korea Utara menerima bantuan teknis dari Rusia,” kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yung-ho, dilansir dari Fox News, Kamis 9 November 2023.

"Ada kemungkinan besar bahwa Korea Utara akan melakukan provokasi setelah menyelesaikan masalah teknisnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Korea Utara telah mencoba meluncurkan satelit mata-mata tersebut pada bulan Mei dan Agustus, namun rencana itu berakhir gagal karena masalah teknis.

Kemudian pada bulan September, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pertemuan untuk memperkuat hubungan diplomatik. Kedua negara bahkan berkolaborasi dalam teknologi militer dan memperluas perdagangan sebagai upaya memperkuat kekuatan regional bersama Tiongkok.

Namun Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang mengecam keras dugaan pasokan amunisi dan peralatan militer oleh Korea Utara ke Rusia, dan mengatakan bahwa pengiriman senjata tersebut dapat meningkatkan jumlah korban jiwa dalam perang Rusia di Ukraina.sinpo

Komentar: