BKSAP DPR RI Minta Israel Segera Ditetapkan Sebagai Pelaku Genosida

Laporan: Galuh Ratnatika
Sabtu, 11 November 2023 | 00:56 WIB
Ilustrasi Gaza (puxabay)
Ilustrasi Gaza (puxabay)

SinPo.id -  Dalam Sidang Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA), Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon, mendorong negara-negara dunia mengambil langkah konkret untuk menghentikan perang di Gaza, dan menetapkan Israel sebagai pelaku genosida yang telah melakukan kejahatan perang.

Melalui forum APA, ia berharap APA dan diplomasi parlemen mampu berkontribusi menghentikan perang dan kejahatan kemanusiaan yang terus berlangsung terhadap Palestina. Karena jika dibiarkan, maka krisis kemanusiaan akan terjadi di Gaza.

"Parlemen Anggota APA harus menunjukkan pesan yang sekuat mungkin dan  harus diabadikan dalam rancangan draf mengenai isu Asian Parliaments’ Unwavering Support for the Palestinian People. Ini akan memperkuat peran parlemen dunia dalam menyelesaikan konflik, termasuk di Palestina," kata Fadli, dikutip Jumat 10 November 2023.

Ia juga meminta negara-negara di dunia termasuk anggota Parlemen Asia untuk mengucilkan Israel dan memutuskan hubungan apapun dengan Israel. Karena baginya, tindakan Israel bukan hanya mencabik rasa kemanusiaan dan merobek HAM, tetapi juga memperlihatkan kebiadaban yang paripurna.

"Israel melakukan serangan tanpa pandang bulu untuk melenyapkan semua warga Palestina. Dengan segala cara menghancurkan bangunan rumah, apartemen, rumah sakit, sekolah, dan obyek sipil lainnya. Israel mengabaikan hukum internasional bahkan hukum perang. Israel harus dituntut melakukan kejahatan perang dan tindakan genosida di Gaza," tegasnya.

Selain itu, Fadli meminta komunitas internasional harus lebih obyektif dan adil dalam menilai situasi di Palestina dan tidak menggunakan standar ganda dan pandangan yang sempit. Pasalnya, tindakan seperti itu tak akan menyelesaikan akar permasalahan bahkan tidak membantu proses perundingan perdamaian.sinpo

Komentar: