Panglima Mutasi 105 Perwira Tinggi TNI, Ada Wakil KSAD hingga Waka BIN

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 11 November 2023 | 10:22 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan). (SinPo.id)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan). (SinPo.id)

SinPo.id - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memutasi 105 perwira tinggi di lingkungan TNI. Sejumlah jabatan strategis berganti dalam mutasi kali ini.

Mutasi tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken pada Kamis, 9 November 2023.

Dalam keputusan itu, Yudo menunjuk Letjen Arif Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Dankodiklatad menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Posisi Wakil KSAD sebelumnya kosong usai ditinggal Jenderal Agus Subiyanto yang promosi menjadi KSAD.

Yudo juga menunjuk Letjen I Nyoman Cantiasa menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Jabatan lama Nyoman yakni Koorsahli KSAD kini diemban oleh Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya merupakan Asintel Panglima TNI.

Sementara jabatan Asintel Panglima TNI yang ditinggal Sonny, kini dijabat Mayjen Djaka Budhi Utama. Letjen Alfret Denny dimutasi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Mayjen Hilman Hadi yang sebelumnya merupakan Staf Khusus KSAD ditunjuk menjadi Irjenad.

Laksda Budi Purwanto ditunjuk menjadi Danpushidrosal menggantikan Laksdya Nurhidayat yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Budi sebelumnya adalah Wadan Pushidrosal.

Laksda Edwin dimutasi dari Pangkolinlamil menjadi Asrena KSAL. Laksma Hudiarto yang sebelumnya adalah Waasrena KSAL kemudian ditunjuk menjadi Pangkolinlamil.sinpo

Komentar: