Ratusan Ribu Orang di London Unjuk Rasa Kibarkan Bendera Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 12 November 2023 | 10:28 WIB
Warga London minta agresi Israel di Palestina segera usai (Sinpo.id/Gettyimages)
Warga London minta agresi Israel di Palestina segera usai (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Ratusan ribu orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa secara damai di sepanjang pusat kota London, kemarin 11 November 2023. Unjuk rasa digelar untuk memprotes berlanjutnya pemboman Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan,serangan Israel yang tiada henti telah menewaskan 11.078 orang di wilayah tersebut, sementara 1,5 juta orang terpaksa harus meninggalkan rumah mereka.

Menurut pihak kepolisian London, ada sekitar 300 ribu pengunjuk rasa dari seluruh dunia yang turun ke jalan. Namun pihak penyelenggara acara pro-Palestina menyebut jumlahnya mendekati 800 ribu.

Kehadiran para pengunjuk rasa disebut akan memberikan tekanan terhadap Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, untuk ikut mendukung seruan gencatan senjata dalam perang Israel-Palestina.

Terlebih dilansir dari The Guardian, pawai tersebut juga dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan karena bentrokan yang terjadi antara massa pro Palestina, dan gerakan sayap kanan pendukung Israel yang justru menyerang polisi.

Perkelahian terjadi ketika polisi berusaha menghentikan kerumunan aktivis sayap kanan, dan Islamofobia, yang membuat kerusuhan hingga menyebabkan pihak kepolisian kewalahan.
sinpo

Komentar: