Kapolri: Jaga Perbedaan Politik dengan Persatuan di Pemilu 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 12 November 2023 | 11:22 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Sinpo.id/Ashar)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan semua elemen masyarakat bisa saling menjaga sikap perbedaan politik pada pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak 2024 agar tercipta situasi yang aman, tertib, dan damai.

"Saya berharap dengan adanya deklarasi Pemilu Damai 2024 yang disampaikan perwakilan partai politik, tokoh agama, dan tokoh masyarakat akan menjadi semangat semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Sigit dalam keterangannya dikutip Minggu, 12 November 2023.

Menurut Sigit, dalam kontestasi Pemilu merupakan hal yang wajar setiap individu maupun kelompok memiliki perbedaan pilihan. Bahkan, kata dia, dalam satu keluarga pun terdapat perbedaan dalam menentukan pilihan. 

"Di dalam satu keluarga pun tentunya bisa berbeda, namun semuanya harus dijaga. Ini pesta demokrasi, perbedaan yang ada jangan menjadikan sebuah musuh, namun hal itu menjadikan keberagaman dalam kehidupan berdemokrasi," tuturnya. 

Sigit pun mengimbau jika kegiatan deklarasi Pemilu Damai 2024 dapat terus digelorakan, agar pesta demokrasi menjadi pesta yang membawa Indonesia menjadi negara demokrasi modern.

"Oleh karena itu, mari mengawal, mengamankan, dan jaga netralitas karena hal itu menjadi penting agar pemilu berlangsung aman, tertib, dan menghasilkan pemilu berkualitas," kata Sigit. 
sinpo

Komentar: