Masuk Musim Hujan, Pemerintah Diminta Prioritaskan Pemeliharaan Infrastruktur

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 November 2023 | 22:16 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, mengatakan memasuki musim penghujan ini, pemerintah sudah memprioritaskan pemeliharaan infrastruktur demi keselamatan masyarakat.

“Pemeliharaan infrastruktur di musim hujan sudah menjadi keharusan. Apalagi setelah musim kemarau berkepanjangan, agar perubahan cuaca yang ekstrem tidak berdampak terhadap infrastruktur yang banyak digunakan masyarakat,” kata Andi, melalui keterangan persnya, Rabu 15 November 2023.

Pemerliharaan yang dimaksud meliputi penerangan, perbaikan jalanan yang rusak, sarana transportasi publik, hingga semua hal yang berkaitan dengan fasilitas umum. Pasalnya beberapa waktu lalu fasilitas di sejumlah stasiun mengalami kerusakan saat hujan.

“Jangan sampai karena kurangnya persiapan menghadapi musim hujan, masyarakat yang menjadi korban. Jadi upaya pencegahan bencana harus dilakukan lewat pemeliharaan yang optimal dan cermat,” tegasnya.

Selain itu, Andi juga mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus melakukan pemeliharaan pohon di jalan secara berkala, demi mencegah pohon tumbang akibat hujan maupun angin kencang.

"Diperlukan pemeliharaan pohon secara teratur untuk mengidentifikasi pohon yang rentan atau sakit. Ini menjadi langkah awal dalam tindakan pencegahan terhadap bencana yang akan berdampak pada masyarakat," terangnya.sinpo

Komentar: