Polisi Bantah Brimob Geruduk Rumah Relawan Ganjar: Patroli Operasi Mantap Brata

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 15 November 2023 | 19:45 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (SinPo.id/ Polda Metro Jaya)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (SinPo.id/ Polda Metro Jaya)

SinPo.id - Polda Metro Jaya merespon terkait narasi yang beredar di media sosial (medsos) soal Satuan Brimob yang menggeruduk rumah relawan Ganjar Pranowo  di Jalan HOS Cokroaminoto Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 14 November 2023, kemarin. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko membantah terkait narasi yang menyesatkan tersebut. Dia menyebut kunjungan anggota Brimob  ke rumah relawan Ganjar dalam rangka operasi Mantap Brata Jaya  pengamanan Pemilu 2024.

"Kemarin ada kegiatan yang sifatnya bagian dari pada operasi Mantap Brata 2024 terkait dengan tahapan-tahapan pengamanan Pemilu untuk menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Trunoyudo kepada wartawan, Rabu, 15 November 2023.

Menurut Trunoyudo, patroli dari Korps Brimob bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan keamanan menjelang pelaksanaan kontestasi Pemilu 2024.

"Korps Brimob melakukan patroli, tentunya sama juga Polda Metro Jaya juga melakukan patroli-patroli baik itu secara satuan fungsi kerja yang ada, gabungan atau skala besar juga dengan beberapa stakeholder terkait, yang tujuannya tadi adalah memelihara dan meningkatkan serta mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tuturnya. 

Kendati demikian, Trunoyudo mengungkapkan, jika video yang beredar bakal menjadi bahan evaluasi dikarenakan menimbulkan kesalahpahaman.

"Di situ ada gambaran video namun demikian ini menjadi suatu bahan evaluasi ya, dengan adanya masukan kami ucapkan terima kasih, tapi maksud dan tujuannya kami sampaikan dalam patroli-patroli ini khususnya dalam wilayah (Polda Metro Jaya)," kata Trunoyudo. 

Sebagai informasi, beredar video viral di media sosial X (twitter) melalui akun @Opposite6888 yang diunggah pada Selasa, 14 November 2023, memperlihatkan adanya sejumlah anggota Brimob dinarasikan mendatangi rumah relawan Ganjar Pranowo di Jakarta Pusat.

Dalam unggahan video di media sosial X (Twitter) memperlihatkan anggota Brimob bersama dengan kendaraan taktis (rantis) menepi di pinggir jalan dekat rumah relawan.sinpo

Komentar: