KASN Minta ASN Netral Selama Pemilu 2024

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 16 November 2023 | 06:15 WIB
Ilustrasi ASN
Ilustrasi ASN

SinPo.id -  Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto mengatakan, dinamika Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang akan diwarnai dengan berbagai kepentingan politik terkait kontestasi tersebut. Dia menyampaikan, KASN sebagai lembaga pengawas independen tentu berharap bahwa berbagai pelanggaran yang terjadi di lingkungan birokrasi dan ASN Kementerian/Lembaga/Daerah dapat semakin berkurang. Tercatat, terdapat 1.678 pelanggaran netralitas ASN pada periode 2020 hingga 2022.

“Menjaga netralitas itu penting. Sebagaimana kita ketahui bahwa rangkaian prosesi Pemilu 2024 sangat rawan dengan pelanggaran netralitas,” ujar Agus, seperti dilansir laman Berita Jakarta pada Rabu 15 November 2023

Berdasarkan data KASN, terdapat pelanggaran netralitas dengan motif pemanfaatan sumber daya birokrasi, baik berupa dukungan program, sarana dan prasarana serta aktivitas keberpihakan kepada calon tertentu.

Dihadapkan dengan kondisi tersebut, KASN tetap berpartisipasi melaksanakan tugas pengawasan netralitas dengan pendekatan pencegahan, perlindungan ASN dan mendorong aktivasi pengawasan internal setiap Instansi Pemerintah.

Langkah-langkah yang dilakukan KASN antara lain meluncurkan slogan ‘ASN Pilih Netral’ berupa logo, poster dan twibbon yang dapat diunduh dari tautan bit.ly/ASNpilihNETRAL. Dia mengimbau slogan tersebut diunggah secara bersama-sama oleh seluruh ASN di akun media sosial masing-masing.

Dia menambahkan, hal ini diharapkan menjadi gerakan serta bagian dari komitmen netralitas dan integritas ASN yang perlu terus-menerus diingatkan dan dijaga bersama.

“Logo, poster dan twibbon ASN Pilih Netral bukan hanya sekedar simbol, melainkan sebagai komitmen nyata ASN untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik dengan berbagai kepentingannya. Setop pelanggaran netralitas dan semoga ASN semakin profesional dan dipercaya masyarakat luas,” tandasnya.sinpo

Komentar: