TNI AU Masih Selidiki Penyebab Dua Pesawat Super Tucano Jatuh

Laporan: Martahan Sohuturon
Kamis, 16 November 2023 | 15:57 WIB
Sebanyak dua pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan Jawa Timur. (SinPo.id/Tangkapan Layar Video Amatir Istimewa)
Sebanyak dua pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan Jawa Timur. (SinPo.id/Tangkapan Layar Video Amatir Istimewa)

SinPo.id - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (AU) Marsekal Pertama R. Agung Sasongkojati menyampaikan pihaknya masih menyelidiki penyebab dua Pesawat Super Tucano jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis, 16 November 2023.

Menurutnya, tim rescue Lanud Abd Saleh menuju lokasi kecelakaan pesawat di daerah Watugede, Pasuruan dan mencari keberadaan satu pesawat yang belum ditemukan.

“Untuk penyebab terjadinya accident masih dalam proses penyelidikan,” kata Agung dalam keterangannya pada Kamis, 16 November 2023.

Dia menerangkan, dua pesawat dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang mengalami Lost contact di daerah Pasuruan.

Pesawat dengan tail number TT-3103 dan TT-3111 mengalami lost contact saat melaksanakan misi Profisiensi Formation Flight dengan rute penerbangan Lanud Abd Saleh-Area Latihan-Lanud Abd.

“Pesawat Take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.51 WIB dan dintakan Lost Contact pada Pukul 11.18 WIB,” katanya.

“Hingga saat ini satu pesawat dinyatakan mengalami accident setelah mendapat informasi dari warga masyarakat. Sementara satu pesawat lainnya masih dalam proses  pencarian,” tambah Agung.sinpo

Komentar: