Pengamat Nilai Nomor Urut 2 yang Didapat Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 Miliki Banyak Keuntungan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 16 November 2023 | 19:09 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pasangan Prabowo-Gibran mendapat nomor 2 saat Pilpres 2024. Kepastian itu didapatkan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nomor urut capres-cawapres pada Selasa, 14 November 2023 malam.

Pengamat politik Bawono Kumoro menilai nomor 2 yang didapat Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 sangat menguntungkan. Dari tata letak, Prabowo-Gibran berada di tengah surat suara.

"Saat surat suara pemilihan presiden nanti dibuka oleh pemilih di tempat pemungutan, maka letak dr gambar pasangan calon berada di tengah," kata Bawono dalam keterangannya, Kamis, 16 November 2023.

Selain itu, sambung Bawono, ada keuntungan lain dari nomor 2 yang didapat Prabowo-Gibran. Nomor tersebut juga sama dengan nomor Partai Gerindra di pemilu 2024.

"Nomor 2 juga memudahkan bagi Partai Gerindra dalam melakukan sosialisasi pasangan calon Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka selama masa kampanye nanti. Karena nomor tersebut sama dengan nomor urut Partai Gerindra," jelasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Koalisi Indonesia Maju (Jubir KIM) Irwan Fecho menyatakan bahwa nomor dua merupakan simbol kemenangan dan perdamaian.

Pernyataan itu disampaikan Irwan saat menjelaskan makna nomor urut dua bagi pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ia pun menegaskan bahwa semangat perjuangan KIM ialah memenangkan Pilpres 2024 dalam satu kali putaran dengan semangat pemilu samai.

"Nomor dua adalah simbol kemenangan dan perdamaian," kata Irwan kepada wartawan pada Rabu, 15 November 2023. sinpo

Komentar: