Wapres Maruf Amin: TNI AU Cek Ulang Persiapan Sebelum Gelar Latihan

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 18 November 2023 | 05:59 WIB
Pesawat Super Tucano yang jatuh di Pasuruan/Foto: Tangkapan Layar
Pesawat Super Tucano yang jatuh di Pasuruan/Foto: Tangkapan Layar

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan TNI AU harus melakukan pemeriksaan secara teliti sebelum latihan dilakukan. Pernyataan itu disampaikan terkait jatuhnya dua pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skuadron Udara 21 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) jatuh saat melakukan latihan formasi di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis 16 November 2023. 

“Harus selalu memeriksa. Kalau ada latihan harus sudah siap. Jangan sampai kemudian pesawatnya tidak baik atau cuacanya tidak baik,” tegas Wapres dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Pimpinan Majelis Ulama (MUI) Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 17 November 2023.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU Agung Sasongko Jati, kecelakaan terjadi diduga akibat cuaca buruk yang terjadi saat latihan dilakukan.
Mengingat peristiwa kecelakaan dalam latihan ini bukan pertama kali terjadi, Wapres pun menekankan, pemantauan kesiapan faktor penunjang sebelum latihan, sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh internal jajaran personil TNI AU, tetapi juga bekerja sama dengan otoritas terkait lainnya.

“Juga pemantauan cuaca. Seringkali [kecelakaan terjadi] karena cuaca tidak baik. Jadi kerja sama dengan BMKG dan pihak lain-lain [penting dilakukan],” imbuh Wapres.

Dari sisi sarana dan prasarana, tambahnya, perawatan rutin dan peremajaan pun harus terus dilakukan untuk memastikan kesiapan kualitas dari alat yang akan digunakan.

“Semua peralatan harus kembali dilakukan pemeriksaan, penilaian ulang, apakah masih layak untuk dipakai, termasuk pesawat,” tutur Wapres mengingatkan.

Dengan pemeriksaan rutin, menyeluruh, dan melibatkan pihak-pihak yang ahli di bidangnya, Wapres berharap, agar ke depan kecelakaan dalam latihan tidak terjadi lagi, khususnya sampai merenggut nyawa para personilnya.

“Supaya tidak terjadi korban,” harap Wapres.

“Itu harapan saya,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Ketua Umum MUI Anwar Iskandar, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. sinpo

Komentar: