TPN Ganjar-Mahfud Nilai Pernyataan Aiman Soal APH Tidak Netral Dijamin Konstitusi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 18 November 2023 | 11:17 WIB
Mantan jurnalis Aiman Witjaksono (SinPo.id/ Instagram)
Mantan jurnalis Aiman Witjaksono (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Direktur Penegakan Hukum dan Advokasi Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Ifdhal Kasim, mengeklaim pernyataan Aiman Witjaksono terkait dugaan oknum Aparat Penegak Hukum (APH) tidak netral masih berada dalam koridor demokrasi.

"Apa yang disampaikan saudara Aiman Witjaksono tersebut masih berada dalam koridor kebebasan menyatakan pendapat yang dijamin konstitusi," kata Ifdhal dalam konferensi pers di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Jumat, 17 November 2023.

Ifdhal menilai pernyataan Aiman tak dimaksudkan untuk menghina seseorang atau sebuah institusi. Sebab, Aiman tak secara spesifik menyebut nama institusi atau nama orang.

Dia juga berpendapat Aiman bertujuan mengingatkan agar APH tetap netral dalam semua tahapan Pemilu 2024. Aiman, kata dia, hanya menyanyangkan kalau ketidaknetralan APH itu benar.

"Kemudian ada pernyataan dari saudara Aiman yang mengatakan sebenarnya, apa yang dia katakan ini, kalau benar, dia menyayangkan. Dan dia berharap ini (oknum kepolisian tidak netral) tidak benar," katanya.

Selain itu, Ifhdal menilai Aiman menyebutkan bahwa dirinya percaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan tetap netral dalam proses pesta demokrasi 2024.

"Dari keseluruhan unsur-unsur yang saya sebutkan tadi itu maka sebetulnya apa yang dikatakan saudara Aiman masih berada dalam koridor kebebasan menyatakan pendapat yang dijamin oleh konstitusi," katanya.

Sebelumnya, Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi melaporkan jubir TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Aiman Witjaksono, ke Polda Metro Jaya. Aiman dituduh menyebut Kepolisian tidak netral pada Pemilu 2024.

"Terkait pernyataannya yang menyebut ada teman dari Kepolisian yang merasa keberatan mendapat perintah dari komandannya untuk memenangkan salah satu calon presiden dan calon wakil presiden yaitu Prabowo-Gibran," kata juru bicara Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Fikri Fakhruddin.sinpo

Komentar: