Hindari Tuduhan Diistimewakan, MAKI Harap Firli Diperiksa di Polda Metro Jaya

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 18 November 2023 | 13:28 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Antara)
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Antara)

SinPo.id - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) berharap, pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri ke depannya dilakukan di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut, hal ini untuk menghindari kesan publik jika polisi mengistimewakan Ketua Lembaga Antitasuah tersebut. 

"Nanti kalau ada pemeriksaan lagi dan sebagainya juga harus dilakukan di Polda saja tidak perlu di Bareskrim,” ujar Boyamin dalam keterangannya dikutip Sabtu, 18 November 2023.

Menurut dia, Polri bisa saja dituduh mengistimewakan Firli lantaran menuruti permintaan untuk memeriksa yang bersangkutan di Bareskrim Polri. Apalagi, Firli menghindar dari wartawan untuk memberikan keterangan.

"Ini nanti tuduhannya Polri mengistimewakan Pak Firli, padahal setahu saya itu polisi tidak mengistimewakan Pak Filri. Buktinya kemarin pun dalam posisi akhirnya bisa diendus wartawan jadi tidak ada perlakuan istimewa dari Polri,” tuturnya. 

Lebih jauh, Boyamin juga meminta Firli selaku Ketua KPK memberikan contoh kepada masyarakat sebagai warga negara menghormati hukum dengan cara memberikan keterangan yang sejelas-jelasnya kepada publik melalui media massa. 

"Ini yang semestinya dilakukan oleh Pak Firli jadi persamaan hukum saja. Dan Pak Firli ternyata meminta pada posisi yang sama hukum karena dikejar-kejar wartawan mestinya ya menemui dan melakukan klarifikasi atau apapun namanya,” kata Boyamin.sinpo

Komentar: