DPR RI akan Jadi Tuan Rumah Bagi Pertemuan Tingkat Tinggi MIKTA ke-9

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 November 2023 | 22:31 WIB
DPR RI akan menjadi tuan rumah MIKTA (SinPo.id/ Dok. DPR)
DPR RI akan menjadi tuan rumah MIKTA (SinPo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - DPR RI kembali diberikan kesempatan untuk menjadi Ketua, sekaligus tuan rumah bagi pertemuan tingkat tinggi MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 yang akan diadakan besok, 20 November 2023.

MIKTA merupakan forum pertemuan konsultatif antar Ketua Parlemen dari kelompok negara dengan kekuatan menengah, yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turkiye, dan Australia, yang bertujuan untuk menjadi jembatan bagi negara berkembang dan negara maju, serta merepresentasikan berbagai kawasan yang berbeda. 

Sebagai Ketua MIKTA kali ini, DPR RI mengusung tema “Strengthening Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges”. Karena tantangan yang dihadapi dunia saat ini bersifat antargenerasi yang tidak hanya membawa dampak terhadap kehidupan saat ini namun juga bagi generasi mendatang.

Selain itu, dalam forum konsulatasi ini juga akan membahas penguatan partisipasi parlemen dalam reformasi pada sistem dan institusi internasional, isu perubahan iklim dan bagaimana implementasi dari komitmen negara-negara maju dan juga berkembang.

Kemudian pertemuan itu juga nantinya akan membahas pelibatan pemuda sebagai bagian dari masyarakat internasional dan pembuatan kebijakan yang dapat mempengaruhi kondisi perdamaian, kesejahteraan dan pelestarian lingkungan. 

Karena seperti yang diketahui, MIKTA memiliki posisi yang unik dalam menghadapi tantangan regional maupun global. Sehingg diharapkan dengan pertemuan tersebut dapat menjalin serta menguatkan kerjasama, kolaborasi kreatif, dan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat menyelesaikan tantangan antargenerasi. sinpo

Komentar: