Bantuan Tahap Dua Seberat 21 Ton Untuk Palestina Resmi Diberangkatkan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 20 November 2023 | 11:18 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan tahap dua untuk Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan tahap pertama juga telah dilepas Jokowi pada 4 November 2023 lalu.

"Alhamdulillah kembali lagi pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza," kata Jokowi dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Jokowi menjelaskan, bantuan seberat 21 ton yang dikirimkan menggunakan dua pesawat ini berisi obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza.

Bantuan bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari pihak swasta atau perusahaan, masyarakat dan lainnya.

"Sama seperti bantuan yang pertama, pesawat nanti akan menuju ke Mesir kemudian selanjutnya akan disalurkan ke Gaza," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu menegaskan, selain bantuan kemanusian, Indonesia juga memberikan dukungan politik ke Palestina. 

Saat ini, kata Jokowi, Menteri Luar Neheri (Menlu) Indonesia sedang menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan.

"Dilakukan segera mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanuasian bisa masuk dengan baik. Sekali lagi, Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan palestina," tandasnya.
sinpo

Komentar: