Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas KPK

Laporan: david
Senin, 20 November 2023 | 11:57 WIB
Firli Bahuri (Sinpo.id/Ashar)
Firli Bahuri (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri memenuhi panggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada hari ini, Senin 20 November 2023.

Firli bakal diperiksa atas dugaan pelanggaran kode etik terkait pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli tiba di Kantor Dewas KPK, sekitar pukul 10.10 WIB dengan menggunakan mobil dinasnya. Namun, ia enggan menjawab pertanyaan wartawan terkait pemeriksaannya hari ini.

"Tadi sudah saya jelaskan," kata Firli kepada wartawan.

Sebelum memenuhi pemanggilan Dewas KPK, Firli sempat memberikan keterangan di Gedung Merah Putih KPK. Dia menyatakan akan memenuhi panggilan Dewas KPK.

Namun, Firli enggan menyampaikan materi yang akan disampaikannya ke Dewas KPK. Hal ini lantaran proses klarifikasi oleh Dewas bersifat tertutup.

"Saya akan menghadiri undangan klarifikasi dari Dewan Pengawas," kata dia.

Pensiunan Polisi Jenderal Bintang Tiga itu menegaskan tidak pernah memeras dan menerima suap dari pihak mana pun, termasuk dari SYL.

"Saya menyatakan di setiap kesempatan bahwa saya tidak pernah melakukan pemerasan kepada siapa pun dan saya juga tidak pernah terlibat terkait dengan suap menyuap dan siapa pun," katanya.

Firli juga mengaku bahwa saat ini ia sedang berada di posisi yang sulit. Sebab, Firli sebagai pucuk pimpinan KPK, harus terseret dalam kasus dugaan korupsi berupa pemerasan.

"Benar bahwa demikian beratnya posisi saya saat ini dengan melawan serangan balik dari para koruptor, itu dihadapi dengan gagah berani tanpa menyerah dan mengenal lelah untuk membersihkan negeri ini dari praktik korupsi dan pastilah akan terjadi perlawanan dari para koruptor," kata Firli.

Seperti diketahui, Firli Bahuri terlah diperiksa tim penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL pada Kamis, 16 November 2023.

Usai diperiksa penyidik kepolisian, Firli Bahuri memilih langsung bergegas masuk menuju mobil demi menghindari wartawan yang sudah berkumpul menunggu kehadirannya sepanjang hari.

Firli yang duduk di kursi belakang merebahkan badannya sambil menutupi wajahnya dengan tas hitam dan masker yang ia bawa untuk menghindari kejaran pertanyaan dari media.sinpo

Komentar: