Jokowi Sebut Joe Biden Tak Tanggapi Permintaan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 20 November 2023 | 13:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 20 November 2023. (SinPo.id/Sekneg)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 20 November 2023. (SinPo.id/Sekneg)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden tak menanggapi permintaan gencatan senjata di Gaza. Padahal sebelumnya Jokowi beberapa kali menyampaikan permintaan agar AS mendorong gencatan senjata di Gaza, Palestina.

"Tidak menanggapi. Artinya, mungkin masih ditampung jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti dapat, saya pastikan dicatat, menjadi catatan," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 20 November 2023.

Menurut Jokowi, permintaan gencatan senjata itu ia sampaikan beberapa kali, di antaranya  saat bertemu di White House. Kemduian di San Francisco saat acara APEC.

“Di kedua tempat ini saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan," kata Jokowi menambahkan.

Kepada Joe Biden, Jokowi mengatakan agar perang segera dihentikan agar bantuan kemanusiaan dipermudah untuk masuk ke wilayah Gaza.

Ia memperkirakan kemungkinan empat poin yang disampaikannya kepada Presiden Biden itu masih ditampung menjadi pemikiran. Namun Jokowi mengaku optimistis keempat poin yang disampaikan tersebut pasti akan dicatat pihak AS dan akan dipertimbangkan.

"Artinya, mungkin masih ditampung jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti dapat, saya pastikan dicatat, menjadi catatan," katanya.

 sinpo

Komentar: