Menjelang Purna Tugas, Yudo Berpamitan ke Seluruh Prajurit TNI

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 20 November 2023 | 23:26 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat menghadiri exit briefing (SinPo.id/ Puspen TNI)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat menghadiri exit briefing (SinPo.id/ Puspen TNI)

SinPo.id -  

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono melakukan Exit Briefing atau berpamitan kepada  seluruh prajuritnya, sekaligus menyerahkan memorandum dan penyerahan data aset Unit Organisasi (UO) Mabes TNI kepada calon Panglima baru Jenderal TNI Agus Subianto. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 20 November 2023.

Menurut Yudo tujuan dari exit briefing dan penyerahan memorandum agar Panglima TNI yang baru mendapatkan gambaran awal tentang semua program TNI yang sudah terlaksana, sedang dilaksanakan dan belum dilaksanakan.

"Pergantian pimpinan pada suatu organisasi memiliki makna penting dan strategis dalam konteks manajemen organisasi modern seperti TNI, baik manajerial organisasi maupun regenerasi di TNI secara profesional," ujar Yudo dalam keterangannya.

Yudo mengakui masih perlu adanya peningkatan program baik dalam pembangunan kekuatan maupun peningkatan kemampuan. "Saya merasa bangga, dengan keterbatasan yang kita miliki, TNI tetap dapat mengaktualisasikan jatidirinya sebagai prajurit Sapta Marga," jelasnya

Dia berharap, kesinambungan tugas TNI sedapat mungkin disesuaikan dengan dinamika lingkungan strategis yang cepat dan sulit diprediksi. "Kesiapan TNI untuk melaksanakan tugas pokoknya secara optimal merupakan sebuah keniscayaan," kata Yudo.

"Semangat perubahan dan modernisasi menjadi motivasi kuat. TNI terus meningkatkan profesionalisme, memperkaya penguasaan teknologi dan memperkuat operasional yang tangguh sebagai respon terhadap dinamika dan kompleksitas tantangan yang akan dihadapi ke depan," sambungnya.

Di akhir pengarahannya, Yudo mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan tanpa henti, dedikasi dan kerja keras yang luar biasa. "Bersama kita telah menjalankan banyak tugas dan tantangan yang membutuhkan keikhlasan, ketabahan dan keberanian serta keuletan," pungkasnya.sinpo

Komentar: