RS Indonesia Jadi Sasaran Militer Israel, Ratusan Orang Dievakuasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 21 November 2023 | 11:45 WIB
Rumah sakit Indonesia jadi sasaran militer Israel. (SinPo.id/Anadolu Agency)
Rumah sakit Indonesia jadi sasaran militer Israel. (SinPo.id/Anadolu Agency)

SinPo.id - Direktur Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara mengatakan, situasi di lokasi rumah sakit menjadi sangat buruk setelah tank-tank dan pasukan Israel mengepung bangunan tersebut.

Bahkan sebagian fasilitas kesehatan yang ada di RS Indonesia juga rusak terkena serangan udara dan tembakan artileri yang menyebabkan sekitar 12 orang tewas, dan ratusan orang lainnya terluka. Korban tewas berasal dari tim medis RS Indonesia dan warga sipil.

Melansir Al Jazeera, setidaknya 120 orang yang terluka parah di Rumah Sakit Indonesia telah dievakuasi dan dipindahkan ke Rumah Sakit Nasser di Khan Younis.

Namun, Rumah Sakit Nasser juga sangat kewalahan dengan banyaknya korban luka. Terlebih rumah sakit tersebut beroperasi dengan kapasitas yang rendah karena kehabisan pasokan medis dan perlengkapan penting untuk bertahan hidup.

Seperti diketahui, sejumlah rumah sakit di Gaza telah menghentikan semua layanan medisnya dalam beberapa hari terakhir karena pemadaman listrik dan kurangnya pasokan medis.

Pasalnya, pasukan Israel terus menargetkan rumah sakit sebagai sasaran serangan dengan alasan bahwa kelompok Hamas menggunakan fasilitas kesehatan untuk bersembunyi. Meskipun tuduhan tersebut tidak terbukti.sinpo

Komentar: