Kemenkes Ungkap Satu Pasien Cacar Monyet Meninggal Dunia di RSCM

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 23 November 2023 | 19:18 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id - Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (P2P Kemenkes) Achmad Farchanny Tri Adryanto mengungkapkan satu pasien cacar monyet atau monkeypox meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"Ada laporan satu kasus meninggal dunia di RSCM," kata Farchanny dalam konferensi pers pada Kamis, 23 November 2023.

Sejauh ini, Kemenkes mencatat kasus cacar monyet di Indonesia pada tahun ini mencapai 57 orang. Sebanyak 33 pasien telah dinyatakan sembuh.

Selain itu, Farchanny mengatakan sejauh ini ada delapan orang yang diduga bergejala cacar monyet. Lalu, ada 191 orang lain yang sempat masuk kategori suspek telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus cacar monyet terbanyak, yakni 42 kasus. Kemudian Banten dan Jawa Barat ada enam kasus, Jawa Timur dua kasus, serta Kepulauan Riau satu kasus. Ia menjelaskan semua pasien adalah laki-laki dengan rentang usia 18 hingga 50 tahun.

"Dari 57 kasus konfirmasi ini orientasi seksual pada penderita adalah terbanyak ada komunitas LSL (lelaki seks dengan lelaki) ada 35 kasus, orientasi biseksual ada 11 kasus, dan heteroseksual ada tujuh kasus," kata Farchanny.

"Belum diketahui ada dua kasus dan masih pendalaman dalam penyelidikan epidemiologi ada dua kasus," jelasnya.

Farchanny menyebut 57 pasien cacar monyet itu mayoritas disertai dengan kondisi penyerta seperti HIV, hipertensi, dan TBC. Dari 57 pasien, 39 di antaranya mengidap HIV.

"Kemudian disertai sipilis ada 16 kasus, hipertensi dua kasus, HSV dua kasus, dan TBC aktif ada dua kasus," tuturnya..sinpo

Komentar: