Soroti Sikap Alexander Marwata di Kasus Firli, MAKI: Harusnya Malu!

Laporan: david
Sabtu, 25 November 2023 | 13:51 WIB
Boyamin Saiman (Sinpo.id)
Boyamin Saiman (Sinpo.id)

SinPo.id -  Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) nenyoroti ihwal sikap dari Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang menyebut tidak malu meskipun Firli Bahuri jadi tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan  bahwa sebagai orang yang memiliki akal sehat dan berpikir secara logis akan tetap merasa malu atas kasus ini. 

"Saya tidak kaget kalau Pak Alex Marwata mengatakan tidak malu atas perbuatannya Pak Firli, sementara Pak Ghufron meminta maaf, karena kalau yang berpikir logis dan wajar ya mungkin tetap malu," kata Boyamin dalam keterangannya dikutip Sabtu, 25 November 2023.

Bahkan, kata dia, kasus Firli Bahuri mempermalukan seluruh rakyat Indonesia lantaran perkara ini menjadi perhatian dunia. 

"Sekarang jadi berita internasional juga gitu. Apa pun benar-salah, asas praduga tak bersalah, segala macam, tapi apa pun proses ini telah mempermalukan kita semua, dan rakyat nggak ada yang dukung Pak Firli," tuturnya. 


Lebih jauh, Boyamin mengaku tidak kaget terhadap sikap Alexander Marwata yang tidak merasa malu. Dia pun memberi contoh ketika sikap Alexander Marwata yang membela Firli Bahuri saat dirinya melaporkan soal pemakaian helikopter untuk perjalanan dinas dari Palembang ke Baturaja.


"Tidak kaget, karena apa? Dulu zaman saya melaporkan helikopter Pak Firli, yang menjadi pembela kemudian adalah juga Pak Alex Marwata. Buktinya Dewas menganggap penggunaan (helikopter) itu hidup mewah karena berkaitan dengan ya kepentingan untuk jalan nggak terlalu medan berat, dan bisa ditempuh darat, dan waktunya cukup 3-4 jam," ungkap Boyamin. 
sinpo

Komentar: