Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan KBRI Netral di Pemilu 2024

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 26 November 2023 | 10:55 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (Sinpo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (Sinpo.id/Setwapres)

SinPo.id -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyinggung penyelenggaraan Pemilu 2024 di luar negri dalam kunjungan kerjanya ke KBRI di Slovakia.

Ma'ruf Amin mengingatkan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di seluruh dunia agar bersikap netral.

"Saya mengimbau di seluruh KBRI di luar negeri, supaya menyelenggarakan pemilu dengan baik, dan supaya ada netralitas ya dari pihak kedutaan besar kita," kata Ma'ruf di Slovakia dikutip Youtube Sekretariat Wapres, Sabtu, 25 November 2023.

Ma'ruf Amin mengatakan, netralitas dari pihak KBRI diperlukan agar pemilu bisa berjalan jujur dan adil (Jurdil). Sehingga dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik.

"(Agar) jujur, adil, bersih dan tidak ada tekanan dari mana-mana, sehingga berjalan sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Selain itu, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga mengingatkan hal yang sama kepada para panitia pemilihan luar negeri (PPLN) yang bertugas.

Ma'ruf Amin berharap, tidak ada tekanan dan 'pesanan' yang diterima oleh mereka yang bertugas. Dengan begitu, berlangsungnya pemilu dengan jujur dan adil tidak hanya menjadi slogan.

"Petugas kita supaya apa pun pilihannya tentu supaya tetap berusaha untuk menjaga netralitas itu. Artinya, jangan sampai ada pesanan ada tekanan gitu kan," paparnya.

"(Pemilu) bukan hanya slogan, betul-betul dijalankan dengan baik," tandasya.
sinpo

Komentar: