Curanmor Meningkat, Polres Jaksel Lakukan Analisis dan Evaluasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 26 November 2023 | 16:24 WIB
Ilustrasi pencurian motor (SinPo.id/ NTMC Polri)
Ilustrasi pencurian motor (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Polres Metro Jakarta Selatan tengah intensif melakukan analisa dan evaluasi (Anev) guna menanggulangi lonjakan kasus pencurian motor (curanmor) yang semakin meresahkan di wilayah hukumnya. 

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Bintoro menuturkan, pihaknya sangat khawatir atas peningkatan kriminalitas, khususnya curanmor, dalam beberapa minggu terakhir.

"Upaya mengatasi hal ini, kami telah melaksanakan kegiatan Anev, memberikan semangat dan motivasi kepada anggota Polres serta Polsek, bertujuan untuk mengungkap kasus curanmor yang terjadi," ujar Bintoro kepada wartawan, Minggu, 26 November 2023.

Menurut dia, langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi curanmor di Jaksel, yakni dengan deteksi terhadap para residivis, serta mengungkap penadah barang curian dan melaksanakan operasi rahasia di jalan.

"Kami akan memastikan kendaraan bermotor tanpa surat-surat resmi akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya. 

Lebih jauh, Bintoro mengatakan pihaknya akan menargetkan setiap Polsek di wilayah Jaksel dapat mengungkap minimal satu kasus curanmor. 

"Kami diberikan target minimal satu pengungkapan oleh Kapolres untuk setiap Polsek. Namun, upaya kami menuju nol kegiatan pencurian curanmor di wilayah Polres Jakarta Selatan," imbuhnya.

Dia menambahkan, kasus curanmor saat ini mencapai angka alarm, dengan rentang tujuh hingga 10 kasus per hari. Polres Metro Jaksel berkomitmen untuk menurunkan angka ini melalui langkah-langkah preventif dan penindakan yang lebih intensif.sinpo

Komentar: