Pasukan Israel Bunuh Delapan Warga Palestina di Tepi Barat

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 November 2023 | 09:58 WIB
Reruntuhan bangunan di Gaza imbas serangan Israel (SinPo.id/ AP Photo)
Reruntuhan bangunan di Gaza imbas serangan Israel (SinPo.id/ AP Photo)

SinPo.id - Pejabat Kesehatan Palestina melaporkan, pasukan Israel yang beroperasi di Tepi Barat telah menewaskan sedikitnya delapan warga Palestina, termasuk setidaknya satu orang pejuang, dalam waktu 24 jam. Pembunuhan itu terjadi ketika Israel dan Hamas memasuki periode ketiga gencatan senjata di Gaza.

Melansir VoA, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, lima warga Palestina yang tewas merupakan anggota Kelompok Jihad Islam di Jenin, sementara tiga lainnya tewas di wilayah terpisah di Tepi Barat pada Sabtu pagi. Salah satu dari mereka yang tewas, di al-Bireh di Tepi Barat tengah, adalah seorang remaja.

Menurut pengakuan dari pihak militer Israel, pihaknya membunuh lima warga Palestina dalam baku tembak selama operasinya di kamp pengungsi Jenin, untuk menangkap seorang warga Palestina yang dicurigai membunuh seorang ayah dan anak Israel di tempat pencucian mobil di Tepi Barat pada awal tahun ini.

Namun klaim dari pihak militer Israel tersebut hingga kini belum dapat dipastikan kebenarannya. Pasalnya, kekerasan di Tepi Barat memang telah meningkat dalam beberapa minggu.

Terlebih pasukan Israel dan pemukim Yahudi di Tepi Barat juga terus meningkatkan serangan, dan telah membunuh puluhan warga Palestina, serta menangkap ratusan orang di Tepi Barat. Meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut terjadi setelah lebih dari satu tahun Israel melakukan penggerebekan dan penangkapan anggota Kelompokok Jihad Islam di Tepi Barat.

Seperti yang diketahui, Israel terus berupaya merebut Tepi Barat, bersama dengan Jalur Gaza dan Yerusalem timur, sejak perang Timur Tengah pada tahun 1967. Namun masyarakat Palestina berusaha mempertahankan kedua wilayah tersebut sebagai bagian dari harapan mereka untuk menjadi negara merdeka.sinpo

Komentar: