Ketua Bawaslu Imbau Jajaran Tingkatkan Pengawasan selama Kampanye

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 28 November 2023 | 03:34 WIB
Bawaslu
Bawaslu

SinPo.id -  Ketua Bawaslu Rahmat Bagja meminta kepada seluruh jajaran pengawas untuk meningkatkan intensitas kerja dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024. Terlebih lagi katanya, besok tahapan kampanye bagi peserta pemilu sudah dimulai.

“Kami sebagai anggota Bawaslu Indonesia meminta kepada seluruh pengawas pemilu yang hadir dalam ruangan ini bahwa sekarang sudah tahapan kampanye pemilu, pengawas pemilu harus meningkatkan intensitas kerja masifkan kegiatan-kegiatan pencegahan dan penanganan pelanggaran,” katanya dalam Rakornas Sentra Gakkumdu di Jakarta, Senin 27 November 2023

Selain itu, dia juga meminta agar jajaran pengawas melibatkan masyarakat untuk turut aktif dalam mengawasi, dan menciptakan sebuah sarana yang memudahkan publik menyampaikan informasi pelanggaran pemilu, jaga profesionalitas dan netralitas, dan tetap berintegritas.

“Kami harus yakinkan kepada peserta pemilu bahwa Bawaslu, dari tingkat pusat sampai nanti ketika ada pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak akan pandang bulu, tidak akan pilih kasih dalam menegakan peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Dia menegaskan kepada peserta pemilu, seluruh jajaran Bawaslu sudah disumpah dan disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga perlu menjunjung tinggi dan melaksanakan peraturan perundang-undangan. Oleh sebab itu Bagja meminta dukungan dari seluruh peserta Pemilu untuk meningkatkan tugas dan fungsi Bawaslu.

“Kami berterima kasih kepada peserta pemilu dan juga Pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah hadir di sini, ini menandakan Pemilu kita Pada tahapan utamanya ke depan akan saling bersinergi seperti duduknya bapak-bapak yang hadir di sini,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang dihadiri oleh ketiga pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024 dan 18 partai politik peserta pemilu bersepakat mendeklarasikan Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum Peserta Pemilu 2024 yang berisi:

Kami peserta pemilu 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk:
1. Menjaga persatuan kesatuan dan persatuan bangsa; menghormati keberagaman; serta mewujudkan suasana aman, tertib, dan damai selama penyelenggaraan pemilu;
2. Melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu.
3. Tidak melakukan politisasi SARA, menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, penghasutan, dan perbuatan politik uang selama penyelenggaraan pemilu.
4. Tidak memanfaatkan tempat ibadah dalam pelaksanaan kampanye.sinpo

Komentar: