Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Gencar Perbaiki Tata Kelola Ekspor Impor

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 28 November 2023 | 19:31 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah saat ini semakin gencar melakukan perbaikan tata kelola ekspor impor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pelayanan kepada para pelaku usaha. Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Dewan Pengarah periode II tahun 2023.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bagaimana transformasi digital pada proses ekspor, impor, dan logistik berdampak baik pada peningkatan dan kepastian ekonomi Indonesia.

“Transformasi digital ini merubah pola kerja manual/hardcopy/inhouse menjadi berbasis digital untuk setiap layanan pemerintah sejak sebelum kedatangan, saat kedatangan, proses cargo clearance sampai dengan cargo clearance menuju pasar domestik, melalui SINSW (Sistem Indonesia National Single Window) saja,” kata Menkeu, dikutip Selasa 28 November 2023.

Selain itu, ia memaparkan potensi pengembangan INSW dan SINSW yang tentunya juga membutuhkan harmonisasi, sinkronisasi dan simplifikasi proses bisnis dan integrasi sistem dari berbagai Kementerian dan Lembaga dalam pengembangannya.

Adapun potensi pengembangan tersebut antara lain, penguatan Maritime Single Window, sistem tracking dokumen dan barang, SPBE (MPP Digital dan SMART ASN), support system dan infrastruktur Badan Karantina Indonesia, Technical Assistance Pengembangan National Single Window, dan fasilitas layanan B2B dalam kerangka logistik.

“Kami tentunya mengharapkan dukungan dari semua Kementerian dan Lembaga, sehingga kita akan semakin meningkatkan sistem informasi bagi pelaku usaha, untuk meningkatkan kegiatan ekonominya juga,” tandasnya.

BalasTeruskansinpo

Komentar: