Organisasi Save the Children Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 November 2023 | 09:24 WIB
Anak Palestina korban serangan Israel (Sinpo.id/Reuters)
Anak Palestina korban serangan Israel (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Organisasi bantuan dan pembangunan Save the Children menyerukan gencatan senjata permanen di Gaza, mengingat sudah banyaknya korban yang berjatuhan. Terlebih sebagian besar dari korban yang tewas adalah anak-anak.

Pihaknya juga mengkritik Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) lantaran belum mencapai konsensus mengenai perlindungan warga sipil di Israel dan Wilayah Pendudukan Palestina, di tengah konflik yang masih terus berlangsung.

Menurut Direktur Save the Children di Wilayah Pendudukan Palestina, Jason Lee, tidak adanya tindakan berarti dari Dewan Keamanan PBB, sama saja dengan menghancurkan kehidupan anak-anak dan merampas masa depan mereka.

“Jika DK PBB tidak dapat menjalankan mandatnya untuk memajukan perdamaian, keamanan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan hukum internasional, maka sistem tersebut dianggap gagal,” kata Lee, dilansir dari ABC, Rabu 29 November 2023.

Ia juga menegaskan bahwa anak-anak mempunyai hak atas akses dan perlindungan kemanusiaan. Namun ketika DK PBB menyerukan kepada dunia agar menghormati hak-hak tersebut dan tidak terjadi apa-apa, maka tatanan berbasis aturan global telah gagal dalam memberikan perlindungan terhadap anak.

“Berapa banyak nyawa yang harus hilang, mulai dari anak-anak, warga sipil, staf kemanusiaan sebelum komunitas internasional mengambil tindakan dan memenuhi kewajiban hukum, diplomatik, dan moralnya untuk menjaga keamanan warga sipil dari cengkeraman konflik?" Tanya Lee.

“Komunitas internasional harus berhenti berdiam diri sementara hak-hak anak terus dilanggar," katanya menegaskan.
sinpo

Komentar: