TPN Ganjar-Mahfud Sebut Aparat Masih On Track di Awal Masa Kampanye

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 29 November 2023 | 12:39 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan capres dan cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Abdullah Mansyur, menyebut aparat dan penyelenggara pemilu masih on track di awal masa kampanye.

"Kami masih melihat bahwa aparat dan penyelenggara Pemilu itu masih on the track. Tapi besok lusa atau selesai dari forum ini kt belum tahu, justru itulah yg diharapkan tadi agar para penyelenggara negara, kepolisian ataupun TNI Polri komitmen menjaga netralitas itu," ujar Abdullah di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Abdullah berharap komitmen menjaga netralitas aparat dan penyelenggara Pemilu tidak hanya sekadar ucapan.

Untuk itu, TPN meminta media dan masyarakat sipil supaya terus mengontrol aparat negara termasuk penyelenggara pemilu agar terus menjaga netralitas sesuai dengan aturan yang ada.

"Kalau melihat aturan yang ada, baik Undang-Undang Pemilu ataupun Undang-Undang Kepolisian, Undang-Undang ASN, termasuk Undang-Undang tentang desa, tidak ada celah satupun bagi penyelenggara negara itu untuk tidak netral, karena larangan-larangan itu sudah jelas. Bahkan kalaupun terjadi melanggar aturan-aturan itu, sanksi-sanksinya kan ada, dari mulai sanksi pidana juga sanksi administratif," ujar dia.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres dan cawapres. Ketiganya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1.

Lalu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bernomor urut 2 dan Ganjar-Mahfud dengan nomor urut 3.

KPU menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 pada Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
sinpo

Komentar: