Jokowi Ingin Tuntaskan Pembangunan di Tahun Terakhirnya Sebagai Presiden

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 29 November 2023 | 15:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kepada jajarannya, baik di pemerintah pusat, kepala daerah hingga lembaga agar menuntaskan pembangunan di sisa masa pemerintahannya yang berakhir di 2024.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Istana Negara, Jakarta. Pertemuan ini dihadiri para menteri, gubernur dan bupati hingga lembaga negara.

"Pada 2024 adalah tahun terakhir. Saya pesan anggaran dioptimalkan, tuntaskan yang belum selesai, yang sudah direncanakan tapi belum selesai tuntaskan. Untuk memperkuat fondasi pemerintah mendatang," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Jokowi juga berharap agar realisasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dicairkan dengan disiplin, teliti dan tepat sasaran.

"Ke depankan transparansi dan akuntabilitas jangan membuka celah sedikitpun untuk penyalahgunaan anggaran berkaitan dengan korupsi," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta supaya pembangunan di daerah selaras dengan apa yang dikerjakan pemerintah pusat. Sehingga terbangun konektivitas yang baik.

Jokowi menekankan jangan sampai ada pejabat pemerintah daerah (pemda) yang tidak aktif menyempurnakan pembangunan di masing-masing daerahnya.

"Sudah bikin jalan kota mestinya pemda sambungkan dengan kawasan industri, pariwisata, dan pertanian, (ini malah) tidak dilakukan. Ini yang perlu saya tekankan sekali lagi, sinergi dan harmonisasi. Biar inline semuanya. Manfaatkan dana transfer daerah untuk perbaikan layanan publik," tegasnya.

Jokowi juga mengingatkan supaya persoalan terkait penyerapan anggaran tidak kembali berulang, dimana realisasi anggaran menumpuk di akhir tahun.

"Eksekusi segera mungkin jadi bolak balik saya sampaikan Januari segera dimulai realisasi secepatnya. Tadi saya minta info ke Mendagri berapa realisasi sampai saat ini baru 64 persen daerah, pusat juga 74 persen ini tinggal tiga minggu," tandasnya.sinpo

Komentar: