Rapat dengan Kominfo, Komisi I DPR RI Akan Bahas Dugaan Kebocoran Data KPU

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 November 2023 | 16:19 WIB
Dave Laksono (Sinpo.id/DPR)
Dave Laksono (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Merespons adanya dugaan kebocoran data Komisi Pemilihan Umum (KPU), anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, mengatakan pihaknya akan menanyakan persoalan tersebut kepada Kemkominfo dalam rapat kerja hari ini.

"Kebetulan ya mendadak ada info terjadi kebocoran data, jadi pasti itu akan kita tanyakan dan mungkin juga kominfo sudah menyiapkan bahannya tentang data apa saja yang bocor," kata Dave kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 29 November 2023.

Namun pihaknya juga akan mendalami dan memastikan terlebih dahulu data apa saja yang bocor dan dicuri. Selain itu Komisi I juga akan mempertanyakan apakah kasus tersebut termasuk pembobolan database KPU atau hanya pencurian data.

"Nah kita harus dalami dulu sebelum kita menyikapinya dan juga mempertanyakan bagaimana tahapan-tahapan pemerintah, khususnya Kemkominfo dalam menanggulangi hal tersebut," ungkapnya.

Oleh karena itu, Dave menyatakan belum dapat menyikapi dugaan kebocoran data KPU secara lebih jauh, sampai ada penjelasan lebih detail dari pihak Kemkominfo yang nantinya akan didiskusikan dalam rapat bersama.

Seperti diketahui, KPU mengalami kebocoran data yang memuat data sejumlah pemilih yang berada di luar negeri. Peretas mengklaim memiliki lebih dari 250 juta dan menjual data tersebut dengan harga 2BTC atau USD74 ribu atau Rp1,14 miliar.sinpo

Komentar: