Pakar Sebut 5 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Akibat Polusi Udara

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 November 2023 | 09:05 WIB
Polusi Jakarta (Sinpo.id/AP)
Polusi Jakarta (Sinpo.id/AP)

SinPo.id - Berdasarkan hasil penelitian dari para pakar, polusi udara dari penggunaan bahan bakar fosil membunuh 5 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Menurut ahli, jumlah kematian tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Angka tersebut secara tidak langsung menekan para pemimpin dunia untuk mengambil tindakan. Salah satu keputusan yang harus diambil pada konferensi PBB adalah menghentikan penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap.

Pasalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa peralihan dari bahan bakar fosil ke sumber energi bersih dan terbarukan akan menyelamatkan banyak nyawa dari polusi udara, serta membantu memerangi pemanasan global.

Sebuah studi pemodelan baru menunjukkan bahwa polusi udara yang berasal dari penggunaan bahan bakar fosil di industri, pembangkit listrik, dan transportasi, menyebabkan 5,1 juta kematian setiap tahunnya secara global.

Kontribusi bahan bakar fosil setara dengan 61 persen dari total perkiraan 8,3 juta kematian di seluruh dunia akibat polusi udara luar ruangan. Fakta tersebut tercatat dalam beberapa sumber yang ditulis pada tahun 2019.

“Hasil kami menunjukkan bahwa penghapusan bahan bakar fosil secara global akan memberikan manfaat kesehatan yang besar, jauh lebih besar daripada yang ditunjukkan oleh sebagian besar penelitian sebelumnya,” tulis tim peneliti global di BMJ, dilansir dari The Guardian, Kamis 30 November 2023.

"Data ini mendukung peningkatan penggunaan energi bersih dan terbarukan, yang dianjurkan oleh PBB melalui tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030 dan ambisi netralitas iklim pada tahun 2050," lanjutnya.

Namun, pengurangan emisi polusi udara secara besar-besaran, terutama melalui penghentian penggunaan bahan bakar fosil, dapat memberikan dampak kesehatan yang besar dan positif. sinpo

Komentar: