Bakal Digelar Lima Kali, Berikut Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 02 Desember 2023 | 16:41 WIB
Para paslon capres-cawapres berpose di KPU RI (Sinpo.id/Ashar)
Para paslon capres-cawapres berpose di KPU RI (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan jadwal pelaksanaan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Debat capres-cawapres rencananya akan dilakukan selama lima kali dan seluruhnya akan berlangsung di Jakarta. Selain itu, debat juga akan diselenggarakan dengan mengusung lima tema yang berbeda-beda.

Ketua Divisi Teknis Idham Holik mengatakan tema debat itu telah melewati proses diskusi yang dilakukan KPU bersama tim pasangan calon capres-cawapres. 

"KPU telah mengundang tim kampanye capres-cawapres untuk mendengarkan penjelasan KPU tentang teknis pelaksanaan debat capres-cawapres," kata Idham dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 2 Desember 2023.

Berikut ini tema debat capres-cawapres pada Pemilu 2024:

Debat pertama diselenggarakan di Kantor KPU pada 12 Desember 2023, terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Kedua pada 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. 

Ketiga pada 7 Januari 2024 dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Keempat pada 21 Januari 2024, mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Kelima pada 4 Februari 2024, tema debat yang diusung yakni teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.
sinpo

Komentar: