Puan Sebut Whoosh Tak Kalah dengan Kereta Shinkansen di Jepang

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 03 Desember 2023 | 16:37 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengunjungi Kota Bandung, sembari menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh yang menjadi moda transportasi terbaru dan tercanggih di tanah air. 

Menurutnya, teknologi yang diterapkan di Whoosh tidak kalah dengan kereta cepat Shinkansen milik Jepang. Sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati sensasi berkereta yang memiliki kecepatan ratusan kilometer per jamnya.

"Whoosh enggak kalah sama Shinkansen yang ada di Jepang, jadi masyarakat tidak usah jauh-jauh lagi ke sana kalau di Indonesia sudah ada kereta yang mempercepat mobilisasi masyarakat sekaligus menjadi wahana wisata transportasi yang canggih dan modern," kata Puan, dikutip Minggu 3 Desember 2023.

Ia juga berharap PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai induk dari KCJB Whoosh dapat terus meningkatkan pelayanan, agar Whoosh dapat menjadi salah satu moda transportasi yang digandrungi masyarakat.

"Jadi saya harap, pelayanan Whoosh terus ditingkatkan setiap waktunya dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Baik itu untuk bekerja, maupun yang ingin wisata ke Bandung tapi tidak memiliki waktu yang panjang," ungkapnya.

Selain itu, Puan mengingatkan agar faktor keselamatan penumpang menjadi prioritas PT KCIC. Karena keselamatan merupakan sesuatu yang mutlak dalam transportasi agar setiap orang terhindar dari risiko kecelakaan selama perjalanan.

"Penilaian keselamatan transportasi bukan hanya suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh tim penilai terhadap penyelenggara jasa transportasi terkait dengan faktor keselamatan, tetapi juga merupakan ritual tetap yang harus dilaksanakan oleh masing-masing perusahaan transportasi terhadap internalnya," terangnya.

Seperti diketahui, kereta cepat Whoosh menggunakan teknologi Kereta Api Cepat tipe CR400AF yang memiliki kecepatan 350 Km per jam serta daya tempuh 35-44 menit untuk bepergian dari Jakarta ke Bandung.

Whoosh juga dilengkapi dengan dua lightning arrester yang meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir, terutama di sisi peralatan tegangan tinggi, dan memiliki dua emergency brake untuk sisi keamanan dan keselamatannya.sinpo

Komentar: